Sisipan : 5 Pertanyaan Pokok bagi salesman B2B untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan klien


Sedikit sharing mengenai pertanyaan kunci untuk membuat suatu kegiatan prospektif menjadi satu kesatuan yang solid dengan menciptakan nilai proposisi (untuk produk, servis, pemecahan masalah, dll. ) melalui komunikasi yang pas dan sesuai dengan yang ingin didengarkan oleh klien.

Ingat ini, komunikasi efektif kepada pelanggan harus terjadi lewat pengantaran pesan yang konsisten dan benar caranya menurut pelanggan, benar waktunya, benar salurannya, sehingga komunikasi menjadi lebih mudah, efisien serta efektif.

Kita harus dapat menjawab pertanyaan dasar di bawah ini sebelum bertemu dengan klien :

1.Who ? : siapa klien/audience yang dituju
2.What? : Apakah hal relevan yang ingin anda sampaikan ke klien tersebut
3.Why ? : Mengapa mereka harus mendengarkan anda
4.When ? : Kapan waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi
5.Where ? : Dimana tempat yang tepat untuk melakukan pembicaraan

Contoh aplikasi pertanyaan tersebut :
Who : Saya ingin menemui Bp. Yoseph,manager product development perusahaan XYX.
What : Saya ingin menyampaikan sebuah berita menggembirakan mengenai cara meningkatkan provitabilitas dengan tehnologi terbaru kami.
Why : Karena perusahaan XYX sedang dalam pengembangan produk yang berpotensi besar untuk menggunakan tehnologi baru dari kami, dan Bp. Yoseph adalah pintu gerbang utama tujuan ini.
When : Hmm...sepertinya waktu yang tepat adalah pukul 9 - 10 pagi. Ini waktu yang pas karena kondisi psikologis & semangat Bp. Yoseph sedang bagus - bagusnya, sehingga lebih mudah menerima masukan - masukan. Kalau sudah siang/sore, pikirannya sudah dipenuhi banyak hal.
Where : paling tepat di ruang meeting yang tertutup. Atau mungkin bisa dicoba mengundangnya untuk berdiskusi di suatu tempat yang kita inginkan.

Perlu juga dipastikan apakah kita mempunyai jawaban yang tepat untuk kelima pertanyaan di atas. Jadi bukan hanya sekedar menebak dan menerka. Ada kalanya kita perlu mencari informasi dan melakukan observasi & study untuk memastikan jawaban yang tepat.



No Comments

Leave a Reply