Bullet #6 : Speed & Flexibility


Bumi berotasi & berevolusi dengan kecepatan tertentu. Manusia bergerak dan beraktifitas juga denan kecepatan tertentu. Begitu juga bisnis, roda pergerakannya menuntut kecepatan yang signifikan dan progresif. Tidak ada yang ingin bisnisnya melambat. Sehingga acapkali kecepatan juga menentukan keberhasilan penjualann B2B. Ada saja alasan klien untuk meminta percepatan submission dan pengiriman sample, kecepatan penyampaian informasi, sampai pada kecepatan pengiriman barang untuk mendukung keberhasilan mereka dalam bersaing dan bergerak maju.

Kalau hukum rimba mengatakan "Yang kuat yang menang", maka di dunia bisnis modern bisa saja "Yang cepat yang menang". Hal - hal yang membuat lambatnya suatu bisnis haruslah di eliminasi, entah itu regulasi, sistem, prosedur, dan personal selalu ngegandol pada kaki, sehingga laju bisnis jadi lambat.

Flexibility bisa menjadi kartu truf untuk speed booster. Segala sesuatu yang kaku akan membuat lamban, dan segala sesuatu yang flexible akan membuat lebih cepat. Analogi yang menarik seperti gambar diatas.

Karet = Flexible --> akan menjadi roda karet mobil sport --> sangat cepat & licah
Kayu = Kaku --> akan menjadi roda kayu kereta kuda --> sangat lambat & rapuh



No Comments

Leave a Reply