Sales Story # 3 :One Two Three Punch !


Sales itu pekerjaan yang menyenangkan. Walaupun sering kesal, capek dan nelongso menghadapi penolakan, tapi hal itu tidak bisa mengalahkan rasa senang, bangga, puas ketika mendapatkan deal. Itulah sebabnya mengapa saya masih tetap berada di dunia ini. Tidak ada pekerjaan yang membuat saya bisa mengeksploitasi diri sebaik menjadi salesman. Mau jadi sales di wall street (bisnis besar) maupun main street (bisnis kecil) sales is sales, business is business.

Jadi ga ada remeh temeh mengenai bisnis yang sedang dijual seorang sales. Effort nya cenderung sama, bahkan saya merasa effort untuk menjual sebuah encyclopedia door to door lebih keras dari menjual mesin industri yang harganya ratusan kali lipat. Oleh karena itu, jika saya ditanya, sales manakah yang paling kuat mentalnya, jawab saya adalah sales yang bisa eksis menjual secara door to door, karena mereka sudah sangat terbiasa menghadapi penolakan, bahkan penolakan2 yang kasar dan merendahkan harga diri. Cheer up untuk para sales jalanan itu...

Dengan kerendahan hati, saya ingin berbagi sedikit cerita mengenai pengalaman sales saya, semoga bisa menjadi inspirasi teman - teman sales lainnya.

Beberapa tahun yang lalu saya bekerja sebagai Area Sales Manger di sebuah pabrikan mattress/kasur dengan brand dari UK. Brand ini cukup mapan dan eksis selama lebih dari 30 tahun. Beberapa mantan presiden RI dan selebriti merupakan pengguna loyal kasur ini. Strategi pemasaran selain melalui distributor & agen, sering juga melalui even pameran, biasanya pameran dengan tema Furniture atau Home Expo.

Walaupun area pemasaran saya adalah di luar pulau Jawa, saya sering dilibatkan dalam even pameran di JCC jakarta. Saya suka sekali hal itu, karena saya bisa langsung mempraktekkan sales tehnik ala Joe Girard, salesman favorit saya (world's Greatest Salesman Guiness Book of the records). Dalam karirnya Joe Girard bisa menjual 8 unit mobil setiap hari (dia berhasil menjual sebanyak 80rb unit lebih mobil ke pelanggan perorangan selama karirnya) dengan cara yang unik dan menginspirasi. Bahkan, orang yang mau beli mobil dari Joe harus janjian dulu dan rela menunggu 2 bulan untuk bertemu dengan dirinya, padahal di toko yang sama ada 40 lebih sales seperti dia.

Saya masih ingat beberapa tehnik Joe yang saya praktekkan langsung, seperti salah satunya adalah "One Two Three Punch"

One : Saya mendapatkan deal dan pelanggan melakukan pembayaran

Two : Saya "Hired" pelanggan tersebut untuk membantu penjualan saya. saya berikan 5 lembar kartu nama dan meminta pelanggan tersebut untuk memberikan kepada kerabat/teman yang sedang membutuhkan kasur. Untuk setiap referen yang membeli, maka pelanggan tersebut akan mendapatkan reward berupa 2 buah bantal exclusive (biaya ini keluar dari kocek sendiri).

Three : 2 - 3 minggu kemudian, saya menelepon pelanggan tersebut. Saya menanyakan bagaimana dengan kasur barunya, bagaimana tidurnya dengan kasur baru tersebut. Biasanya pelanggan akan menanyakan beberapa hal teknis yang sederhana seperti bagaimana cara merawat kasur, atau bahkan ada yang jadinya malah memesan aksesoris tambahan kasur. Tak lupa saya ucapkan terima kasih karena sudah membeli dari saya dan mengatakan jangan ragu menghubungi saya jika ada masalah dengan kasur barunya. Atas langkah tersebut, saya tebak bahwa pelanggan akan yakin dan percaya akan kredibilitas saya karena saya mau menghubungi dan menanyakan masalah yang mungkin dihadapi, padahal barang sudah dibayar lunas dan sudah dipakai. Dengan begitu, mereka tidak akan ragu mereferensikan saya kepada teman/rekannya.

Punch : Saya memperoleh banyak pelanggan hasil referensi. Dan dengan pelanggan baru inipun, langkah One - Two - Three tetap berlanjut...

Jujur saja, saya juga pernah mengalami diantre pelanggan, sementara saya sedang menyelesaikan transaksi dengan pelanggan lainnya. Padalah waktu itu ada beberapa petugas penjualan yang sedang kosong (tidak sedang menangani pelanggan). Walaupun tidak se-spektakuler Joe Girard, tapi saya sudah membuktikan bahwa cara Joe tersebut, bekerja dengan baik...

Senang rasanya jika sudah ada yang menemukan dan membuktikan suatu tehnik sales yang berhasil dengan baik, sehingga saya dengan mudah meniru dan mengadaptasinya sesuai dengan bisnis dan produk saya. Tehnik ini bisa dipakai oleh banyak bidang sales, antara lain ; sales properti, sales mobil, sales mesin, sales asuransi, juga seles jasa lainnya (sales web service, Design Interior, bengkel mobil, dll).

Silahkan dicoba dan diamalkan, jangan ragu karena ini GRATIS & MANJUR !



No Comments

Leave a Reply